(Orz)

TINGKATKAN KUALITAS TAMAN POSYANDU

DINKES GELAR RAPAT  LINTAS SEKTORAL DAN LINTAS PROGRAM

Dalam upaya membangun generasi muda yang sehat, cerdas dan berakhlak mulia, dan berbudi luhur  dengan perhatian utama pada usia emas yaitu usia 0 tahun sampai dengan 6 (enam) tahun,  perlu difasilitasi pembinaan dan pelayanan yang baik dan terpadu dalam memberikan perhatian kepada balita dan orang tuanya secara menyeluruh melalui Pengembangan  Taman Posyandu. Maka  pada hari Selasa tanggal 1 Nopember 2016  bertempat di Gedung Pertemuan Tim Penggerak PKK  Kota Mojokerto, Jalan Hayam Wuruk  menggelar Rapat  Lintas Sektoral dan lintas Program Pengembangan Taman Posyandu.

Kegiatan yang dihadiri  oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Mojokerto, Kepala Dinas Kesehatan,  Kepala Badan KB dan PP, Kepala BPM Kota Mojokerto serta pengurus Tim Penggerak PKK Kota Mojokerto, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan, Ketua HIMPAUDI  , Kader Posyandu, Kader BKB,  dan guru Paud. Dalam sambutan pembukaan  Ketua Tim Penggerak PKK Kota Mojokerto Hj. Siti Amsah Mas’ud Yunus mengatakan bahwa Taman Posyandu adalah pengembangan Posyandu Purnama atau  Mandiri yang diberi tambahan layanan pengembangan Anak Usia Dini (PAUD) dan Bina Keluarga Balita (BKB).

Sebagaimana yang telah disebutkan dalam Peraturan Gubernur Nomor 63 Tahun 2011 tentang PAUD Holistik Integratif, yang didalamnya meliputi kelompok bermain, Satuan PAUD sejenis, Taman Penitipan Anak dan Taman Kanak-Kanak. Jadi suatub tempat akan disebut sebagai Taman Posyandu apabila di suat wilayah terdapat layanan secara menyeluruh bagi anak balita yang meliputi layanan kesehatan di Posyandu, rangsangan pendidikan di PAUD, dan pengasuhan balita oleh orang tua (parenting) di BKB.

Hj. Siti Amsah Mas’ud Yunus mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut berperan serta dalam pembangunan kesehatan khususnya pengembangan Taman Posyandu di Kota Mojokerto dan saya berharap adanya dukungan dan pembinaan dari dinas/instansi terkait untuk meningkatkan kualitas Taman posyandu sehingga dapat memberikan layanan yang lebih baik secara terpadu. Demikian pula seluruh masyarakat Kota Mojokerto khususnya ibu balita harus aktif rutin berkunjung ke Taman Posyandu  agar ikut serta mencetak generasi bangsa yang sehat, cerdas dan berbudi luhur dengan mendukung keberadaan Taman Posyandu.

Siti Malicha, SST.MKes, Kasi Promkes dan UKBM selaku Ketua Panitia Penyelenggara menyampaikan  maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas taman Posyandu, sehingga dapat memberikan layanan yang lebih baik secara terpadu. Dikatakan Malicha Upaya-upaya untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan melakukan koordinasi secara lintas sektoral dan lintas program. Disamping itu peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) baik petugas maupun kader Taman Posyandu, melalui pembinaan dari lintas program maupun lintas sektoral termasuk pula dari Tim Penggerak PKK, yang memiliki jaringan komunikasi yang terstruktur dari tingkat pusat sampai pintu rumah tangga, sehingga ikut memacu percepatan pemberian layanan holistik integratif bagi anak di Kota Mojokerto. (Orz).