(Orz).

WALIKOTA KUNJUNGI BAZAR HATRA SUGIH WARAS

“ Penyehat Tradisional  Teman Setia Keluarga “

 HATRA (Kesehatan Tradisional) Sugih Waras penyehat tradisional teman setia keluarga  merupakan program untuk mengantarkan keluarga menjadi keluarga yang sehat, sebab melalui Hatra ini produk makanan terjamin keamanannya, pengobatannya tradisional yang dikelola oleh Irra Repelita Ruby Hartoyo istri dari Kepala Diskoperindag Kota Mojokerto , dalam rangka untuk mewujudkan  servicy city , Mojokerto yang sehat,  pada hari Rabu tanggal 2 Nopember 2016 sampai dengan hari Kamis tanggal 3 Nopember 2016   bertempat di Puskesmas Wates  digelar Bazar Hatra Sugih Waras menampilkan makanan sehat dan berkasiat.

Kegiatan Bazar Sugih Waras  yang dikunjungi  oleh Walikota  Mojokerto dan dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan,, Kepala BPM, Kepala Dinas Pertanian, Kepala DKPD, Camat Magersari, Lurah Wates, Kepala Puskesmas se Kota   Mojokerto serta Ketua PKK RW sewilayah Kelurahan Wates  dan Ketua Poskesdes. Dalam sambutannya Walikota Mojokerto  Drs. H. Mas’ud  yunus mengatakan untuk mewujudkan Kota yang sehat diawali dari keluarga yang sehat. Hal-hal yang diperhatikan dalam keluarga sehat selain mengetrapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), keluarga didorong untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan berkasiat seperti yang dipamerkan dalam bazar Hatra Sugih Waras. Maka Keberadaan Hatra Sugih Waras sangat membantu masyarakat menjaga kesehatan dalam upaya promotif dan preventif. Dalam Program Hatra ini seperti di Negara Maju yaitu ingin kembali ke alam, makanan tradisional lebih diminati. Oleh karenanya agar Hatra Sugih Waras disamping mempunyai misi kesehatan juga misi peningkatan ekonomi maka produk makanan tradisional harus dikemas lebih bagus lagi.

Dra, Cristiana Indah Wahyu, Apt, Msi, Kepala Dinas Kesehatan Kota Mojokerto, ketika menyampaikan laporan kegiatan bazar yang ke 3 (tiga) kalinya dan  sangat antusias diikuti oleh masyarakat ini menampilkan 30 (tiga puluh) stand  bazar dari Wilayah Lingkungan Kelurahan Wates. Karena kegiatan ini sangat menarik dan diminati masyarakat maka ke depan program tahun 2017 akan dijadikan icon Pemerintah Kota Mojokerto bekerja sama dengan SKPD terkait di Tingkat kota Mojokerto. Alangkah bahagianya kalau keluarga kita menjadi keluarga yang sehat oleh karenanya Indah berharap marilah mulai sekarang keluarga-keluarga mengkonsumsi makanan yang sehat bergabung dengan Hatra penyehat tradisional teman setia keluarga anda. Sakit atau tidak sakit harus dipelihara.  Ucapan terimakasih kepada Irra Repelita Ruby Hartoyo selaku pengelola Hatra dan peserta bazar Hatra, yang selama ini telah melakukan pembinaan dan menyediakan makanan yang berkasiat dan sehat untuk   teruskan kegiatan ini dalam pendampingan hidup sehat untuk menuju Kota Mojokerto yang sehat.

Pada acara tersebut ditampilkan dari UPT Puskesmas Wates, menjaga keselamatan, menjaga lingkungan, menjaga kebersihan membuang sampah di tempat bak sampah basah dan kering, menjaga keamanan semua kendaraan terparkir dengan aman, penyambutan kader motivator dalam lagu dengan lirik 15 indikator keluarga sehat dan 10 menit bersama Ibu Yonita Arif tentang manfaat jamu. Dan dari Hatra Sugih Waras dalam lagunya Hatra selalu menjadi teman dalam hidupku. Hatra selalu member semangat dalam hidupku, bila kurindu kau menyejukanku, Hatra selalu menjadi inspirasiku.

Dilanjutkan Walikota Mojokerto meninjau bazar Hatra , pijat alkupuntur  ,pijat bayi,  dan pijat kesehatan tradisional. (Orz).